PIN dijamin aman dan tidak suspended di kemudian hari ( karena PIN BB bisa saja suspended dikemudian hari karena PIN dikloning atau karena sebab lain sehingga fungsi utama Blackberry seperti Push email dan BBM tidak bisa dilakukan), Unit BB dan aksesori seperti Baterai, charger, handset dll asli / original , Semua Fungsi Unit BB dijamin normal 100%, Unit BB yang baru dibeli rusak bisa mendapat penggantian unit baru, Mempunyai service point yang memuaskan dan tersedia spare partnya dan tentunya harganyapun bersahabat.
Nah… apakah kondisi – kondisi diatas bisa anda dapatkan? Secara khusus ya jika anda mengetahui secara pasti bahwa Blackberry yang beredar di Indonesia sebenarnya mempunyai Garansi yang tidak seragam dan seringkali diklaim “Bergaransi Resmi “ padahal sebenarnya garansi tersebut bukan berasal dari RIM tetapi berasal dari Distributor lain selain Perusahaan yang ditunjuk oleh RIM.
Oleh karena itulah harus diketahui bahwa Blackberry yang anda beli benar-benar bergaransi resmi dari RIM karena berdasarkan pengalaman saya pribadi, membeli Blackberry yang dinyatakan Garansi Resmi 2 tahun ternyata umur baterai tidak lebih dari 2 bulan pada pemakain dan charging normal, selanjutnya batre menggelembung cepat habis sehingga tidak bisa dipakai. Tentunya hal tersebut akan bisa dihindari jika anda mengetahui perbedaan jenis Garansi Blackberry di Indonesia.
Jenis Garansi resmi mupun yang tidak resmi Blackberry di Indonesia adalah sebagai berikut : Garansi Resmi RIM ( Garansi RIM Operator dan Garansi RIM Distributor ), Garansi Distributor Non RIM dan Garansi Toko.
1. Garansi Resmi RIM
Blackberrry dikatakan mempunyai Garansi Resmi jika Blackberry tersebut mendapat garansi yang diberikan oleh Research in Motion / RIM (selaku pemilik dan operator Blackberry diseluruh dunia), Di Indonesia RIM memberikan hak Garansi resmi kepada Operator ponsel di Indonesia seperti Telkomsel, Axis, XL , Indosat dan Smart dan Distributor yang bekerja sama dengan Brightpoint selaku Distributor Global Blackberry yaitu Teletama Artha Mandiri / TAM, Seluler Media Infotama / Selluler Shop dan PT. Comtech / Trikomsel Dari Operator dan Distributor inilah Blacberry baru bisa dikatakan bergaransi Resmi dari RIM karena ketentuan standard garansi Internasional RIM seperti penggantian unit baru bisa diberikan jika Unit BB baru yang diberikan PIN mengalami Suspended atau rusak karena factor dari Pabrik. Jadi pemegang Garansi resmi Blackberry / BB dari RIM di Indonesia dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:
Garansi RIM Operator : Telkomsel, Axis, XL , Indosat dan Smart
Garansi RIM Distributor : TAM, SS (Seluler Shop) dan Comtech (CTN / Trikomsel)
penjelasan tentang Garansi Resmi Blacberry dari RIM ini dapat dipertanggung jawabkan karena dirilis secara resmi di website Blackberry Indonesia yaitu di (http://id.blackberry.com/bec/location.jsp). Sehingga jika ada penjual ponsel Blackberry menginformasikan yang berbeda anda dapat mengoreksinya.
Perbedaan Ponsel BB Garansi Resmi RIM Operator dan Garansi RIM Distributor adalah:
Ponsel BB garansi RIM operator penggunaannya dibatasi hanya satu operator / SIM card saja sehingga tidak dapat dipakai oleh operator lain kecuali sudah di unlock. Sedangkan Ponsel BB Garansi RIM Distributor bisa langsung dipakai oleh berbagai jenis operator ponsel seperti Telkomsel, Axis, XL , Indosat atau Smart
Ponsel BB garansi RIM operator hanya memiliki beberapa type ponsel BB tertentu saja tidak semua type dan biasanya jika ada model baru harus indent terlebih dahulu sedangkan untuk Garansi RIM Distributor semua type ponsel BB tersedia dan biasanya tidak perlu indent.
Ponsel BB garansi RIM operator terdapat Logo operator pada Saat loading ponsel , logo operator pada body BB dan logo operator di kartu garansi sedangkan sedangkan untuk Garansi RIM Distributor logo Distibutor hanya terdapat di box, body dan kartu garansi saja.
Ponsel BB garansi RIM operator jika rusak / bermasalah biasanya diganti baru karena lebih efektif, efisien dan membawa nama baik operator sedangkan ponsel Garansi RIM Distributor jika rusak biasanya diperbaiki jarang sekali yang diganti baru mesikpun ada juga Distibutor RIM yang mengganti unit baru tapi jarang sekali paling sering adalah diperbaiki / diservice oleh Service center Distributor ybs
Ponsel BB garansi RIM operator relatif lebih mahal dari Garansi RIM Distributor
Sedangkan persamaannya adalah :
Garansi PIN seumur hidup mencakup spare part dan service, aksesoris original, Box ponsel BB terdapat logo operator atau Distributor Resmi RIM ybs beserta ijin dari Deparpostel / DJPT , Biasanya harganya relative lebih mahal dari garansi non Rim dan Garansi Toko, Lama Garansi Resmi Blacberry dari RIM ini adalah 2 tahun info disini
2. Garansi Distributor non RIM
Garansi Distributor non RIM adalah garansi yang tidak standard dan diberikan oleh Research in Motion / RIM (selaku pemilik dan operator Blackberry diseluruh dunia) tapi garansi ini hanya diberikan oleh Distributor yang memasukkan Blackberry ke Indonesia dan mempunyai ijin resmi dari Deparpostel untuk distribusi BB di Indonesia . Ketentuan garansi Internasional / standard RIM tidak berlaku untuk garansi distributor non RIM meskipun dijual resmi di Indonesia. Di Indonesia pemegang Distributor BB non resmi dari RIM dan memberikan garansi 2 tahun juga adalah Berrindo, Bless, Royal dll.
Blackberry garansi Non RIM tidak berarti jelek bahkan kadang –kadang mendapat unit yang dibuat dari Canada dengan IMEI 7 dan 8 adalah 04 yaitu Negara pembuat Blacberry qualitas terbaik di dunia meskipun batrenya loyo (diganti sama distributor kali) , untuk mengetahui Negara asal pembuat BB perlu dilakukan sedikit trik yaitu :
Ketik *#06# maka akan muncul IMEI 15 digit contoh : 123456 . 04. 1234567 maka digit ke 7 dan 8 yaitu 04 artinya adalah :
*04 buatan Canada qualitas terbaik di dunia rangking 1
*10 buatan Finlandia qualitas sangat bagus rangking 2
*03 buatan Perancis atau Canada qualitas paling baik rangking 3
*08 atau 80 buatan Jerman qualitas Lumayan rangking 4
*02 atau 20 buatan asia qualitas paling tidak lumayan alias jelek rangking 5
Garansi Distributor non RIM biasanya harganya lebih murah dari Garansi resmi RIM dan jika unit mengalami kerusakan jarang yang mendapat penggantian baru paling sering adalah perbaikan. Ciri lain yang paling sering terjadi adalah Batre baru tidak dijamin original meskipun ada juga yang mendapat batre original, dan garansi jelas bukan dari RIM tapi dari Distributor yang bersangkutan akan tetapui lamanya garansi sama dengan garansi resmi RIM yaiitu 2 tahun .
Garansi Toko
Blackberry baru Garansi Toko biasanya hanya berani memberikan garansi PIN aman dan Unit tidak rusak paling lama 1 bulan, akan tetapi harganya paling murah dibanding dengan garansi lainnya, ciri khas Blackberry garansi toko bisanya adalah : Box dengan logo operator luarnegeri : Verizon, AT&tT dll atau tanpa Logo , BOX tidak rapi dan cetakan jelek. Asesoris seperti Charger dan Batre 80% adalah tidak original.
Alamat dan Lokasi Customer Service / Pelanggan Blackberry Telkomsel, XL, Indosat, Axis, Comtech / Trikomsel, Selluler Shop dan TAM di seluruh Indonesia
1. Telkomsel ada disini<==
2. XL ada disini<==
3 AXIS ada disini<==
4. Indosat ada disini<==
5. Comtech / Trikomsel ada disini<==
6. Selluler Shop / SS ada disini<==
7. TAM ada disini<==
==>List artikel lebel handphone pada blog Tutorial-OnlineKu<==
Semoga bisa membantu anda dalam memilih BB faporite anda..
Ditulis Oleh : Anonymous
Artikel Garansi Resmi Blackberry (BB) RIM di Indonesia dan Alamat Customer Service Resmi BB di seluruh Indonesia ini ditulis oleh Anonymous pada hari . Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Garansi Resmi Blackberry (BB) RIM di Indonesia dan Alamat Customer Service Resmi BB di seluruh Indonesia dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.
Anda sedang membaca artikel tentang Garansi Resmi Blackberry (BB) RIM di Indonesia dan Alamat Customer Service Resmi BB di seluruh Indonesia dan anda bisa menemukan artikel Garansi Resmi Blackberry (BB) RIM di Indonesia dan Alamat Customer Service Resmi BB di seluruh Indonesia ini dengan url http://tutorial-onlineku.blogspot.com/2012/09/garansi-resmi-blackberry-bb-rim-di.html. Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel Garansi Resmi Blackberry (BB) RIM di Indonesia dan Alamat Customer Service Resmi BB di seluruh Indonesia ini jika memang bermanfaat bagi anda atau teman-teman anda,namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya.Tutorial Onlineku | Tutorial Blogspot | Tutorial Blogger | Tutorial Bagi Fomula
Share :